Thursday 7 May 2015

5 Cara Pilih Ban Yang Tepat

ban

Para pemilik mobil sering bingung dengan pemilihan ban. Kalau bannya nggak sesuai ukurannya, tentunya akan merugikan dan berbahaya buat penggunanya. Ukuran ban yang nggak sesuai akan merusak ban. Umur pakai menjadi lebih pendek dan sering dapat menghilangkan kenyamanan.

Andry Ciu, direktur PT Trans Oto Internasional, selaku pemegang merek bengkel One Station mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih ban. “Kita harus memerhatikan tujuan penggunaan ban mobil, lalu ban yang memiliki tingkat kenyamanan, serta keamanan bagi mobil. Selain itu, daya tahan juga seringkali menjadi satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh konsumen,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Beginilah 5 tips memilih ban yang tepat :

 

1. Tipe ban

 

Tipe ban yang cocok buat mobil umumnya tertempel di pintu atau laci mobil. Misalnya terdapat huruf P (Passenger), berarti ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Lalu ada LT (Light Truck), ST (Special Trailer), T yang berarti ban serep, dan R (Radial).

 

2. Ukuran ban

 

Ukuran ban harus sama dengan peleknya. Jika lebih kecil atau lebih besar maka ban nggak bisa dipasang dengan baik. Tentunya akan berbahaya buat mobil.


3. Lebar ban


Ban juga jangan terlalu lebar. Tarikannya akan berat dan boros bahan bakar. Tapi juga nggak terlalu kecil. Akan mempengaruhi kestabilan mobil.

 

4. Pola tapak ban

 

Buat keseharian, pilihlah ban dengan tapak beralur banyak. Beda kalau ban untuk balap. Ban balap biasanya minim alur atau malah tanpa alur sama sekali (slick).

 

5.  Ketebalan ban


Sesuaikan ketebalan ban dengan kondisi sehari hari. Jika jalan yang dilewati mulus-mulus saja, bisa pakai ban yang berdinding tipis. Tapi kalau jalannya sering bergelombang, berlubang, atau malah rusak parah, pilih ban yang tebal.

No comments:

Post a Comment