Thursday 7 May 2015

Auto Gear Shift, Transmisi Manual Rasa Otomatis Dari Suzuki

Auto Gear Shift

Suzuki Karimun Wagon R sekarang ada versi transmisi otomatisnya. Transmisi otomatis itu dinamakan Auto Gear Shift (AGS). Wagon R AGS ini baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Gimana cara kerja transmisi AGS ini? "AGS bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin," jelas Donny Saputra, head of 4W product development SIS.

Donny juga menambahkan, "Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual."

Pada dasarnya Auto Gear Shift adalah transmisi dengan kopling kering seperti transmisi manual. Tapi kerja koplingnya dikendalikan oleh pompa yang dikontrol secara elektronik. Hasilnya Anda bisa berkendara nyaman layaknya transmisi otomatis, namun tanpa selip fluida berlebihan begitu melaju di sebuah posisi gigi seperti transmisi manual.

Kelebihan Auto Gear Shift terletak pada bahan bakarnya yang lebih efisien. Kata Donny, jika Karimun Wagon R AGS digunakan dalam transmisi manual maka akan menempuh 21,05 kilometer untuk tiap satu liter bahan bakar. Sementara jika dioperasikan di transmisi otomatis bisa menempuh 21,55 kilometer untuk satu liter BBM. Berdasarkan standar uji BTMP (Balai Termodinamika Motor Propulsi) bedanya mencapai 0,5 liter. Selain itu, Auto Gear Shift juga lebih nyaman dari transmisi manual karena pengoperasiannya yang dilakukan secara otomatis.

Tapi Auto Gear Shift juga punya kelemahan. Yaitu terletak pada perpindahan giginya yang relatif lambat dan entakannya cukup terasa saat berpindah gigi.

Auto Gear Shift atau Automated Manual Trasmission (AMT) ini sebetulnya bukan transmisi jenis baru di Indonesia. Alfa Romeo 156, Smart Fortwo, dan Proton Savvy di Indonesia juga memakai jenis transmisi yang sama. Selain Wagon R, Auto Gear Shift juga dipakai oleh Suzuki Alto dan Celerio di luar negeri.

No comments:

Post a Comment