Wednesday 6 May 2015

Tips Ringan Merawat Kaca Film

kaca film

Kaca film di mobil sering disepelekan orang. Padahal kaca film punya peran yang penting. Yaitu sebagai pencegah panas yang masuk ke kabin. Selain itu buat mengurangi cahaya. Sehingga interior menjadi awet. Jika kaca film jarang dijaga dan dirawat, akibatnya akan mengelupas. Walaupun cacat halus sekalipun, tetap akan mengganggu penampilan dan mengurangi kegunaan kaca film.

Menurut Christopher dari Makko Group yang memayungi kaca film Masterpiece, ada sejumlah langkah agar kaca film terhindar dari kerusakan. “Dilarang membersihkan kaca yang ada pelapis kaca film dengan cairan yang mengandung amoniak atau alkohol dan cukup dibersihkan dengan air biasa,” jelasnya. Alasannya, bila kaca film terkena cairan amoniak atau alkohol maka bisa merusak struktur molekul dari kaca film tersebut sehingga mengakibatkan luntur atau kaca film menjadi terkelupas.

Selain itu bersihkan kaca film dengan bahan lembut seperti chamois atau kain mikrofiber agar kaca film nggak tergores. “Dilarang menempelkan benda asing apapun di kaca film seperti GPS atau stiker, termasuk mengorek bagian pinggiran kaca film,” jelasnya lagi.

Mobil juga harus diparkir di tempat yang teduh. Jangan diparkir di tempat yang langsung terkena matahari. “Lantaran panas matahari itu akan mengakibatkan kualitas dari kaca film akan berkurang,” katanya.

Selain itu ada beberapa tips dari kacafilm.co. Seperti yang disebutkan di bawah ini :
  • Mengelap kaca film juga harus dilakukan searah. Tujuannya buat mencegah kaca film tergores debu atau kotoran lain. Dengan mengelap searah, maka debu akan tetap menempel di lap dan nggak menempel di kaca film.
  • Ketika hujan, segera bersihkan kaca film dari air dan embun. Untuk menghindari jamur yang menempel di kaca film. Mengelap kaca film juga dilakukan searah.
  • Bersihkan juga bingkai jendela mobil di pintu. Terutama di sela-sela bagian dalamnya. Tujuannya buat mencegah goresan kaca film di bagian pinggirannya.

No comments:

Post a Comment