Thursday 7 May 2015

Freightliner Membuat Truk Tanpa Awak di Amerika

freightliner
Freightliner Inspiration
Freightliner, pembuat truk asal Amerika Serikat (AS) mengikuti jejak para produsen lain dalam membuat kendaraan tanpa awak. Anak perusahaan Daimler ini membuat truk tanpa awak yang dinamai Inspiration. Truk ini juga menjadi kendaraan tanpa awak pertama yang mendapat izin buat menjelajahi jalanan Nevada, AS.

Daimler Trucks North America yang membuat truk Freightliner ini menggelar perjalanan perdana Inspiration di bendungan Hoover Dam, di perbatasan Nevada-Arizona, AS. Kecepatan Freightliner Inspiration ini mencapai 88,5 km/jam.

Walaupun sudah mampu menciptakan truk tanpa awak dan mengetesnya, Daimler tetap butuh sopir truk buat mengendalikan Freightliner terbaru ini. Sopir Inspiration ini nantinya disebut manajer logistik. Keren juga sebutannya. "Otak manusia adalah komputer terbaik yang bisa dibeli," kata Martin Daum, CEO Daimler Truck North America.

Ia mengklaim bahwa truk tanpa awak Freightliner ini akan lebih dulu siap diproduksi daripada mobil-mobil tanpa awak lain yang lebih dulu dites. Seperti buatan Google dan Audi. Alasannya kata dia, karena di jalan tol, rute yang sering dilalui truk, tak ada lampu lampu lalu lintas dan tak ada jalur pejalan kaki. Sehingga perjalanannya tak serumit di perkotaan.

Daimler Amerika belum akan melayani pesanan dari Freightliner tercanggih ini dan masih akan melakukan pengetesan terus di Nevada. Sampai truk itu siap diproduksi. "Kami hanya ingin agar orang terinspirasi," kata perwakilan Daimler.

No comments:

Post a Comment