Wednesday 6 May 2015

Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Efektif

cara membersihkan mesin mobil

Mobil itu harus selalu dicuci secara periodik. Tujuannya agar sedap dipandang. Selain itu agar kondisinya tetap selalu terjaga. Termasuk dengan membersihkan mesin. Mesin juga harus dibersihkan agar tetap terawat dan performanya tetap optimal. Mencuci mesin punya langkah yang berbeda dengan mencuci bodi mobil. Beginilah cara membersihkan mesin mobil yang efektif :
  • Nyalakan dulu mesin mobil sebentar sampai terasa hangat. Tapi jangan sampai terlalu panas. Berbahaya buat tubuh kita.
  • Tutuplah komponen kelistrikan dan pengapian. Termasuk kabel-kabelnya. Komponen ini paling peka terhadap air.
  • Kap mesin adalah bagian yang terlebih dulu disemprot. Baru kemudian dinding ruang mesin. Setelah itu bersihkan dengan sabun colek.
  • Setelah itu bersihkan bagian mesin. Basahi dulu mesinnya dengan selang biasa. Tapi jangan disemprot. Cover mesin adalah bagian yang terlebih dulu dibersihkan. Bersihkan dengan memakai spons atau kain katun bekas. Bisa juga gunakan sikat gigi buat bagian yang lebih sulit.
  • Setelah cover mesin bersih, bersihkan juga bagian mesin yang lebih dalam. Seperti bagian kepala silinder dan blok mesin. Bagian ini yang paling cepat kotor. Terutama dari oli dan debu. Kalau dijumpai ada oli yang meler, segera bawa mobil ke bengkel. Oli yang meler adalah indikator bahwa mesin mobil mengalami masalah.
Demikain cara membersihkan mesin mobil. Semoga dengan cara seperti ini, mesin mobil kita jadi lebihsedap dipandang.

No comments:

Post a Comment