Friday 8 May 2015

BMW 3 Series Ada Model Faceliftnya

BMW 3 series

Pada tahun 2015, BMW mengeluarkan BMW 3 series minor change. Dari luar perubahannya nggak terlalu drastis. Tapi dari ruang mesinnya tersimpan dapur pacu baru. yaitu mesin yang dinamai LCI (Life Cycle Impulse).

Untuk tipe 318i, BMW 3 series ini memakai mesin 1.500 cc 3 silinder turbo yang juga dipakai di BMW 218i Active Tourer dan Mini Cooper terbaru yang dijual di Indonesia. Selain itu masih ada tipe 320i dengan mesin 2.000 cc 4 silinder yang tenaganya sampai 181 daya kuda (dk). Tipe paling top adalah 340i yang mesinnya berkapasitas 3.000 cc 6 silinder turbo yang tenaganya sampai 322 hp.

BMW  seri 3 baru ini juga tersedia mesin diesel dan hybrid. Untuk tipe hybridnya adalah 330e yang tenaganya besar juga. Mencapai 249 dk. Akselerasinya pun cuma butuh waktu 6.3 dari kecepatan 0-100 km/jam.

Interior dan eksteriornya nggak mengalami perubahan drastis. BMW 3 series facelift ini pada eksteriornya cuma mengalami perubahan pada pelek yang lebih gede, kisi-kisi bumper yang nggak terlalu jelas juga bedanya, dan desain lampu yang juga cuma berbeda sedikit.

Sedangkan interiornya juga nggak berubah drastis. Perubahannya cuma pada display climate control-nya yang berubah warna jadi putih, kisi AC berwarna silver, dan cup holder depan dengan sliding cover.

Walaupun begitu, BMW seri 3 2015 ini mengalami peningkatan fitur. Seperti penambahan Navigation System Professional, LTE Mobile Technology, dan HUD full colour. Selain itu BMW baru ini juga bisa parkir sendiri dengan parking assist serta dilengkapi Auto PDC. Yaitu sensor parkir depan yang menyala otomatis ketika kita melakukan manuver.

Semoga BMW 3 series facelift ini segera dirakit di Indonesia.
Life Cycle Impulse...

Selengkapnya di http://autonetmagz.com/bmw-seri-3-lci-sekarang-punya-varian-mesin-3-silinder-turbo/28791/ © AutonetMagz // Portal Otomotif Indonesia

Suzuki Vitara Model Terbaru Akan Masuk ke Indonesia

Suzuki Vitara

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berminat buat menghadirkan Suzuki Vitara generasi terbaru ke Indonesia. Suzuki Vitara yang memasuki generasi keempat ini mengalami perubahan model total dibandingkan dengan pendahulunya, Grand Vitara.

Kapan Suzuki Vitara ini masuk ke Indonesia? Menurut 4 Wheel Marketing Director PT SIS, Makmur, hingga saat ini mereka masih melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. "Karena segmennya ada, tetapi makin lama makin kecil,” kata dia. Kata Pak Makmur, jika Indomobil ingin menghadirkan model baru, harus melalui beberapa prosedur yang menurut dia nggak gampang. Dia juga memastikan bahwa Suzuki Vitara nggak akan masuk pada tahun ini.

Suzuki Vitara

"Tidak mudah untuk melakukan studi kendaraan. Kita butuh waktu kurang lebih selama tiga tahunan. Tunggu saja, bukan tahun ini,” tambahnya. Lama amat pak.....

Dalam kabin Suzuki Vitara ini, terdapat beberapa fitur yang mumpuni buat jaman sekarang. Seperti tujuh kantung udara, cruise control hingga sistem hiburan yang sudah mendukung USB dan Bluetooth. Komplit juga fiturnya....

Suzuki Vitara ini punya mesin bensin 1.600 cc dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis enam percepatan. Selain itu, Vitara juga punya mesin diesel buat pasar Eropa.

Jika dilihat, desain Suzuki Vitara ini terinspirasi dari Range Rover Evoque. Tapi nggak sampai jiplak total kayak mobil China. Suzuki Vitara sendiri ditempatkan di kelas yang sama dengan Mitsubishi Outlander Sport.

Thursday 7 May 2015

5 Cara Pilih Ban Yang Tepat

ban

Para pemilik mobil sering bingung dengan pemilihan ban. Kalau bannya nggak sesuai ukurannya, tentunya akan merugikan dan berbahaya buat penggunanya. Ukuran ban yang nggak sesuai akan merusak ban. Umur pakai menjadi lebih pendek dan sering dapat menghilangkan kenyamanan.

Andry Ciu, direktur PT Trans Oto Internasional, selaku pemegang merek bengkel One Station mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih ban. “Kita harus memerhatikan tujuan penggunaan ban mobil, lalu ban yang memiliki tingkat kenyamanan, serta keamanan bagi mobil. Selain itu, daya tahan juga seringkali menjadi satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh konsumen,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Beginilah 5 tips memilih ban yang tepat :

 

1. Tipe ban

 

Tipe ban yang cocok buat mobil umumnya tertempel di pintu atau laci mobil. Misalnya terdapat huruf P (Passenger), berarti ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Lalu ada LT (Light Truck), ST (Special Trailer), T yang berarti ban serep, dan R (Radial).

 

2. Ukuran ban

 

Ukuran ban harus sama dengan peleknya. Jika lebih kecil atau lebih besar maka ban nggak bisa dipasang dengan baik. Tentunya akan berbahaya buat mobil.


3. Lebar ban


Ban juga jangan terlalu lebar. Tarikannya akan berat dan boros bahan bakar. Tapi juga nggak terlalu kecil. Akan mempengaruhi kestabilan mobil.

 

4. Pola tapak ban

 

Buat keseharian, pilihlah ban dengan tapak beralur banyak. Beda kalau ban untuk balap. Ban balap biasanya minim alur atau malah tanpa alur sama sekali (slick).

 

5.  Ketebalan ban


Sesuaikan ketebalan ban dengan kondisi sehari hari. Jika jalan yang dilewati mulus-mulus saja, bisa pakai ban yang berdinding tipis. Tapi kalau jalannya sering bergelombang, berlubang, atau malah rusak parah, pilih ban yang tebal.

Auto Gear Shift, Transmisi Manual Rasa Otomatis Dari Suzuki

Auto Gear Shift

Suzuki Karimun Wagon R sekarang ada versi transmisi otomatisnya. Transmisi otomatis itu dinamakan Auto Gear Shift (AGS). Wagon R AGS ini baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Gimana cara kerja transmisi AGS ini? "AGS bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin," jelas Donny Saputra, head of 4W product development SIS.

Donny juga menambahkan, "Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual."

Pada dasarnya Auto Gear Shift adalah transmisi dengan kopling kering seperti transmisi manual. Tapi kerja koplingnya dikendalikan oleh pompa yang dikontrol secara elektronik. Hasilnya Anda bisa berkendara nyaman layaknya transmisi otomatis, namun tanpa selip fluida berlebihan begitu melaju di sebuah posisi gigi seperti transmisi manual.

Kelebihan Auto Gear Shift terletak pada bahan bakarnya yang lebih efisien. Kata Donny, jika Karimun Wagon R AGS digunakan dalam transmisi manual maka akan menempuh 21,05 kilometer untuk tiap satu liter bahan bakar. Sementara jika dioperasikan di transmisi otomatis bisa menempuh 21,55 kilometer untuk satu liter BBM. Berdasarkan standar uji BTMP (Balai Termodinamika Motor Propulsi) bedanya mencapai 0,5 liter. Selain itu, Auto Gear Shift juga lebih nyaman dari transmisi manual karena pengoperasiannya yang dilakukan secara otomatis.

Tapi Auto Gear Shift juga punya kelemahan. Yaitu terletak pada perpindahan giginya yang relatif lambat dan entakannya cukup terasa saat berpindah gigi.

Auto Gear Shift atau Automated Manual Trasmission (AMT) ini sebetulnya bukan transmisi jenis baru di Indonesia. Alfa Romeo 156, Smart Fortwo, dan Proton Savvy di Indonesia juga memakai jenis transmisi yang sama. Selain Wagon R, Auto Gear Shift juga dipakai oleh Suzuki Alto dan Celerio di luar negeri.

Daihatsu Memproduksi 4 Juta Mobil di Indonesia

Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor saat menerima kunjungan siswa SMK
Daihatsu sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1978. Berarti umurnya sekarang mencapai 37 tahun. Jumlah produksinya mencapai 4 juta unit. Untuk merayakan pencapaian tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM-nya mengadakan seremoni di Sunter Assembly Plant PT ADM pada Kamis (7/5/2015). Turut serta dalam seremoni ini adalah Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel.

Pabrik Daihatsu di Sunter itu memproduksi 2 merek mobil. Yaitu Toyota dan Daihatsu. Produk Daihatsu mencatatkan kontribusi terbesar, yaitu sebanyak 2.076.546 atau setara dengan 51,9 persen. Sementara produk yang berlabel Toyota, seperti Avanza dan Rush, berkontribusi sebanyak 1.923.454 unit atau setara 48,1 persen.

Produk Daihatsu yang diproduksi di Sunter adalah Xenia, Gran Max, Luxio, dan Terios. Sedangkan produk lain yang sudah nggak lagi diproduksi adalah Taruna, Feroza, Espass, Zebra, Taft, Delta, Classy dan Charade. "Pencapaian produksi hingga 4 juta unit merupakan milestone penting ADM. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk supplier hingga dealer," kata Presiden Direktur ADM, Sudirman MR.

Daihatsu akan terus melakukan transfer teknologi ke PT ADM agar orang Indonesia dapat memiliki kemampuan dalam rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global.

Freightliner Membuat Truk Tanpa Awak di Amerika

freightliner
Freightliner Inspiration
Freightliner, pembuat truk asal Amerika Serikat (AS) mengikuti jejak para produsen lain dalam membuat kendaraan tanpa awak. Anak perusahaan Daimler ini membuat truk tanpa awak yang dinamai Inspiration. Truk ini juga menjadi kendaraan tanpa awak pertama yang mendapat izin buat menjelajahi jalanan Nevada, AS.

Daimler Trucks North America yang membuat truk Freightliner ini menggelar perjalanan perdana Inspiration di bendungan Hoover Dam, di perbatasan Nevada-Arizona, AS. Kecepatan Freightliner Inspiration ini mencapai 88,5 km/jam.

Walaupun sudah mampu menciptakan truk tanpa awak dan mengetesnya, Daimler tetap butuh sopir truk buat mengendalikan Freightliner terbaru ini. Sopir Inspiration ini nantinya disebut manajer logistik. Keren juga sebutannya. "Otak manusia adalah komputer terbaik yang bisa dibeli," kata Martin Daum, CEO Daimler Truck North America.

Ia mengklaim bahwa truk tanpa awak Freightliner ini akan lebih dulu siap diproduksi daripada mobil-mobil tanpa awak lain yang lebih dulu dites. Seperti buatan Google dan Audi. Alasannya kata dia, karena di jalan tol, rute yang sering dilalui truk, tak ada lampu lampu lalu lintas dan tak ada jalur pejalan kaki. Sehingga perjalanannya tak serumit di perkotaan.

Daimler Amerika belum akan melayani pesanan dari Freightliner tercanggih ini dan masih akan melakukan pengetesan terus di Nevada. Sampai truk itu siap diproduksi. "Kami hanya ingin agar orang terinspirasi," kata perwakilan Daimler.

Wednesday 6 May 2015

Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Efektif

cara membersihkan mesin mobil

Mobil itu harus selalu dicuci secara periodik. Tujuannya agar sedap dipandang. Selain itu agar kondisinya tetap selalu terjaga. Termasuk dengan membersihkan mesin. Mesin juga harus dibersihkan agar tetap terawat dan performanya tetap optimal. Mencuci mesin punya langkah yang berbeda dengan mencuci bodi mobil. Beginilah cara membersihkan mesin mobil yang efektif :
  • Nyalakan dulu mesin mobil sebentar sampai terasa hangat. Tapi jangan sampai terlalu panas. Berbahaya buat tubuh kita.
  • Tutuplah komponen kelistrikan dan pengapian. Termasuk kabel-kabelnya. Komponen ini paling peka terhadap air.
  • Kap mesin adalah bagian yang terlebih dulu disemprot. Baru kemudian dinding ruang mesin. Setelah itu bersihkan dengan sabun colek.
  • Setelah itu bersihkan bagian mesin. Basahi dulu mesinnya dengan selang biasa. Tapi jangan disemprot. Cover mesin adalah bagian yang terlebih dulu dibersihkan. Bersihkan dengan memakai spons atau kain katun bekas. Bisa juga gunakan sikat gigi buat bagian yang lebih sulit.
  • Setelah cover mesin bersih, bersihkan juga bagian mesin yang lebih dalam. Seperti bagian kepala silinder dan blok mesin. Bagian ini yang paling cepat kotor. Terutama dari oli dan debu. Kalau dijumpai ada oli yang meler, segera bawa mobil ke bengkel. Oli yang meler adalah indikator bahwa mesin mobil mengalami masalah.
Demikain cara membersihkan mesin mobil. Semoga dengan cara seperti ini, mesin mobil kita jadi lebihsedap dipandang.